Iptek dan Inovasi Jadi Ujung Tombak Bangsa

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang dikenal dengan “HAKTEKNAS”, merupakan hari bersejarah Nasional yang diperingati setiap tahunnya tanggal 10 Agustus. Hakteknas merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang diawali dengan penerbangan Pesawat N-250 pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung.


Pesawat N-250 yang merupakan pesawat asli buatan putra- putri Indonesia, hasil karya inovasi anak Indonesia telah berhasil mengembangkan jiwa iptek yang inovatif. “Hakteknas ini adalah suatu hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Kita mampu menguasai, mengembangkan, dan menghasilkan suatu produk teknologi yang sangat canggih yaitu, diterbangkannya pesawat N-250,” ujar Jamain Appe.


Dan Ia menambahkan, bahwa penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca dijadikan sebagai momentum motivasi bangsa. Tonggak sejarah tersebut adalah awal untuk kemajuan Indonesia dan proses pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal ini disampaikan pada acara coffe morning Kemenristekdikti tanggal 15 Juli 2017 kemarin lusa.


Hakteknas Ke-21 ini hadir dengan tema “Inovasi untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa” dan dengan tagline “Gelorakan Inovasi” yang memiliki arti bahwa iptek dan inovasi adalah ujung tombak kemandirian dan daya saing bangsa. Fokus Hakteknas Ke-21 tentang inovasi yang harus memiliki kualitas dan keunikan dengan memanfaatkan iptek agar dapat masuk dalam persaingan global.


Agenda acara Hakteknas


Dirjen Penguatan Inovasi, Jumain Appe menyampaikan terkait dengan persiapan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-21 Tahun 2016, pada kesempatan yang sama.


Rangkaian acara Hakteknas Ke-21 akan digelar di Solo, Jawa Tengah dari tanggal 7 Agustus sampai 13 Agustus 2016. Pada acara tersebut akan digelar juga Ritech Expo, yang memamerkan berbagai hasil riset dan inovasi di bidang pangan dan kesehatan, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, energi dan material maju, maritim dan pertahanan keamanan.


Selain itu, akan digelar juga Malam Apresiasi yang akan berlangsung di Auditorium Universitas Sebelas Maret tanggal 10 Agustus 2016. Pada Malam Apresiasi ini akan dilakukan pemberian penghargaan oleh Menriteksikti, Mohamad Nasir kepada beberapa penerima penghargaan iptek dari berbagai katagori.


Tujuan diadakannya acara ini adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang perlunya budaya iptek dalam kehidupan sehari- hari, mendorong kreativitas dan inovasi masyarakat dalam rangka peningkatan daya saing, mensinergikan implementasi dari berbagai aktor baik pemerintah, industri dan lembaga litbang, dan bagaimana promosikan produk- produk yang dikembangkan.


Dalam memajukan suatu bangsa tidak lepas dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan berkembang mengikuti zaman yang semakin canggih. Kedepannya Indonesia akan terus menumbuhkan inovasi- inovasi baru yang dapat bersaing secara global. MARI MERIAHKAN DAN SUKSESKAN HAKTEKNAS KE-21 2016



posted by admin
26 Jul 2016

Info Berita

Lain

27 Jul 2016
26 Jul 2016
26 Jul 2016
26 Jul 2016